Haruskah Anda Menggunakan Lantai Kayu di Dapur dan Kamar Mandi?

Lantai kayu menawarkan sejumlah manfaat. Keduanya sangat indah, dan sangat mudah dibersihkan. Mereka adalah pilihan yang bagus untuk penderita alergi karena karpet dapat memperburuk gejala. Bahkan pemilik rumah tanpa alergi dapat menikmati tampilan lantai kayu yang mulus.

Namun, air dapat dengan mudah merusak atau membelokkan jenis bahan ini. Jadi, apakah ide yang baik untuk memasang lantai kayu keras di dapur dan kamar mandi? Freshome meminta beberapa ahli, termasuk perancang, agen penjual dan ahli pemulihan kerusakan air untuk mempertimbangkan topik ini.

Pro lantai kayu keras

Berbagai lantai kayu1
Dave Murphy, direktur pelatihan N-Hance Wood Refinishing , percaya bahwa lantai kayu keras merupakan pilihan yang sangat baik di dapur . “Lantai kayu adalah gaya dan berkelanjutan, hadir dalam berbagai warna alami, dan tidak menyerap debu atau serpihan, membuatnya mudah dibersihkan dan dirawat,” katanya. Murphy mengatakan itu juga merupakan pilihan yang baik untuk dapur karena Anda jarang perlu mengganti lantai kayu keras. "Sebagian besar perbaikan dapat dengan mudah diperbaiki oleh seorang profesional," katanya.

Warna kayu keras


Warna kayu keras2
Erin Davis dari Mosaik Design and Remodeling di Portland Oregon, mengatakan kayu keras di dapur adalah pilihan yang sangat populer. "Ini lebih lembut dan lebih hangat di bawah permukaan daripada ubin dan terlihat lebih mewah daripada lantai vinil atau laminasi ," kata Davis. "Kayu juga menambah kesan nyaman dan layak huni ke ruang karena palet warna yang lebih hangat dan esensi alami."

Dia mengakui bahwa cairan adalah musuh lantai kayu. "Jika dibiarkan terlalu lama, kayu bisa membengkak atau ternoda sehingga penting agar tumpahan dibersihkan dengan cepat." Davis juga merekomendasikan agar Anda meletakkan tikar lantai besar di depan wastafel.

Tumpahan kayu keras3
Tumpahan kayu keras
Susan Serra, desainer dapur bersertifikat di Susan Serra Associates , percaya bahwa lantai kayu keras, ketika selesai dengan benar, membuat pilihan ideal untuk dapur. Dia setuju dengan Davis bahwa Anda harus menghapus tumpahan segera setelah Anda melihatnya. “Tumpahan kecil, diperhatikan kemudian, tidak akan merusak lantai kayu; namun tumpahan yang lebih besar, seperti pembuat es yang bocor di lemari es, atau mesin pencuci piring yang bocor, kemungkinan besar akan merusak lantai, terutama karena kebocoran sering muncul di bawah alat, ”Serra menjelaskan.

"Kabar baiknya adalah lantai kayu solid bertahan selama beberapa dekade, bahkan di dapur, karena mereka dapat diperbaiki setiap 5 tahun atau lebih dan akan terlihat seperti baru," kata Serra. "Mereka memberi tampilan hangat ke dapur dan itu sangat bagus ketika lantai yang sama terhubung ke kamar sekitarnya untuk aliran visual yang bagus."

Lantai kayu, mempolitur4
Ada sealant yang bisa melindungi lantai kayu keras. Tetapi, menurut Joan Slaughterbeck dari Slaughterbeck Floors di Campbell, CA, ada keterbatasan. "Sealant di lantai kayu keras - apakah padat atau direkayasa - hanya disegel 'selesai' di bagian atas sebagai lapisan keausan pelindung," kata Slaughterbeck. "Kayu dan air tidak bercampur, jadi lantai kayu tidak dapat disegel 100% - itu mengembang dan berkontraksi dengan panas, kelembaban dan kelembaban."

Sebagai aturan umum, katanya, lantai kayu di dapur atau kamar mandi hanya menghadapi masalah karena kebocoran. “Jika Anda tinggal di rumah dengan bingkai kayu, Anda akan memiliki masalah terlepas dari kerusakan lantai dalam situasi seperti ini,” kata Slaughterbeck. "Cukup sering air dari salah satu jenis perlengkapan atau peralatan ini berada di bawah kayu dan tidak tertangkap sampai lantai telah menekuk atau membengkak." Pada saat itu, katanya, kebocoran itu akan merusak jenis lantai lainnya.

Kontra dari lantai kayu

Lantai kayu bisa melengkung5
John Manning, manajer broker di RE / MAX on Market di Seattle, WA, menyarankan agar tidak menggunakan kayu keras, dan bahkan merekayasa produk lantai kayu. "Mereka cenderung tertekuk dan melengkung ketika terkena kelembaban dari waktu ke waktu," kata Manning. Dia menambahkan bahwa tetesan dan tumpahan dapat menembus bahkan lantai jadi terbaik, terutama di sekitar mesin cuci piring. "Selain itu, dapur dan kamar mandi adalah area lalu lintas pejalan kaki yang tinggi dan ketika kayu kerasnya tergores dan tergores, air dapat menjadi kotor, menyebabkan noda yang tidak sedap dipandang pada butiran kayu."

Tanya O'Coyne, pemilik TSC Restoration , perusahaan restorasi kerusakan air di San Diego, benar-benar menentang lantai kayu di dapur atau kamar mandi. “Jika mesin pencuci piring, toilet, lemari es, wastafel atau pipa ledeng bocor, lantai Anda bisa berdampak besar pada tingkat kerusakannya,” jelasnya. "Lantai kayu dapat membiarkan air meresap ke dalam retakannya, menyembunyikan pertumbuhan jamur, dan melengkungkannya bahkan setelah paparan air yang minimal."

Faktanya, O'Coyne mengatakan lantai vinil, ubin atau linoleum akan membuat banyak kerusakan air yang dilihat perusahaannya di dapur dan kamar mandi tidak terlalu parah. “Kami juga harus merobek beberapa kamar lantai kayu yang saling terkait karena kerusakan hanya pada setengah kamar mandi kecil, karena tidak selalu mungkin untuk mengganti hanya beberapa papan kayu,” jelasnya.

O'Coyne percaya bahwa lantai kayu itu indah - tetapi mengatakan dia tidak akan pernah meletakkannya di dapur atau kamar mandinya sendiri.

Meskipun Serra dan Davis merekomendasikan lantai kayu keras di dapur, mereka tidak menyarankan lantai kayu untuk
kamar mandi. “Lantai kayu keras dapat digunakan di kamar mandi, tetapi dengan semua air yang kami gunakan di area kecil ini, mungkin lebih baik meneruskannya,” kata Serra. “Percikan anak-anak, kebocoran pada perlengkapan, uap dan masalah air lainnya siap untuk merusak kayu, terutama jika lantainya memiliki celah.” Namun, dia merekomendasikan keramik atau ubin porselen. Mereka terlihat - walaupun mereka mungkin tidak merasakan - persis seperti kayu dan datang dalam berbagai gaya dan ukuran.

Davis tidak merekomendasikan lantai kayu di kamar mandi dengan bathtub dan shower. Dia mengatakan mereka baik-baik saja di kamar bedak. "Memasang lantai yang sama di kamar mandi bubuk seperti dapur biasanya merupakan pilihan pertama perancang karena kedekatan kedua ruang," kata Davis.