Tips Desain: 5 Warna untuk Interior Rumah yang Bisa Bikin Happy

Kamu pastinya tahu kalau warna bisa memengaruhi suasana. Hmm, kira-kira warna apa yang cocok untuk membuat rumah terasa menyenangkan. Ada lima warna yang cocok yaitu kuning, hijau, biru, pink, dan merah.

Warna bisa memengaruhi suasana hati. Warna juga dapat merefleksikan kepribadian. Saat ingin mendesain interior rumah, warna apakah yang cocok digunakan untuk memperlihatkan perasaan kegembiraan dan kebahagiaan.

1
Situs House Beatiful mengutip pernyataan Lorna McAleer yang merupakan pakar interior Style Studio. Dia memilih lima warna terbaik yang bisa meningkatkan suasana hati dan menciptakan lingkungan rumah yang bahagia.

1. kuning  “Penuh semangat dan bersahabat, kuning adalah warna kebahagiaan dan matahari,” ujar McAleer. Secara sains, kuning merupakan warna terbaik untuk meningkatkan semangat.

Dia memberikan tips mengenai penggunaan warna kuning dalam ruangan. Warna ini bisa terlalu dominan, buat kuning menjadi aksen dalam ruangan, bersanding dengan latar belakang abu-abu.

2. hijau “Hijau merupakan warna alam. Dalam bentuk yang lembut, hijau bisa membantu konsentrasi dan relaksasi. Hijau gelap merupakan tanda untuk bersemangat,” kata McAleer.

Dia memberikan saran kepada mereka yang ingin menggunakan warna hijau di dalam ruangan agar bisa memberikan efek luar ruangan dalam hunian. Coba padu padankan hijau dengan mengambil inspirasi dari taman.

3. biru Warna ini kalem. “Orang menjadi lebih produktif dalam ruangan bercat biru karena mereka menjadi kalem dan fokus,” ujar McAleer.

McAleer memberikan saran bagi yang mereka yang ingin mengaplikasikan warna biru yaitu warna ini cocok untuk kamar mandi, ruang belajar, ruang tidur, dan juga ruang berukuran kecil.

4. pink atau merah muda “Pink adalah pilihan untuk cinta, kebaikan, dan keterbukaan. Pink pucat merefleksikan kehangatan dan sensitivitas. Warna ini juga identik dengan romantis dan sensualitas,” ujar McAleer.

Dia memberikan saran kalau pink bisa membuat ruang terasa kecil, untuk itu gunakan warna ini pada jendela berukuran besar atau ruangan yang mendapatkan cahaya paling banyak. Warna ini bisa digunakan di ruang tamu, ruang makan, dan ruang tidur.

5. Merah  “Riset menunjukkan kalau merah menunjukkan detak jantung dan membawa emosi. Warna ini ideal untuk pemilik rumah yang ingin segala sesuatunya selesai,” ujar McAleer.

Dia memberikan saran dengan memperkenalkan pola warna tanpa kehilangan antusiasmenya. Merah dapat digunakan untuk membuat ruangan terkesan mewah, bersahabat, dan hangat.